Home » » Ditemukan Spesies Katak Baru di Pulau Sado Jepang

Ditemukan Spesies Katak Baru di Pulau Sado Jepang


Peneliti asal Jepang mengklaim menemukan seekor katak yang ditemukan di Pulau Sado, Niigata Prefecture, Jepang. Hewan amfibi ini merupakan spesies katak baru yang telah ditemukan 15 tahun lalu.

Dilansir Asahi, Ikuo Miura, peneliti di Hiroshima University bersama dengan tim peneliti dari Niigata University serta Preservation and Research Center of Yokohama, mengungkap seekor katak yang ditetapkan sebagai spesies baru. Ini berdasarkan pemeriksaan pada gen dan kapasitas reproduksi hewan tersebut.

Katak ini dinamakan "Sadogaeru". Hewan ini merupakan spesies katak pertama dalam 22 tahun yang diakui di Jepang, termasuk Kepulauan Nansei serta barat daya Jepang.

Katak yang memiliki ukuran panjang sekira 4 centimeter, persis dengan katak berkerut. Katak berkerut merupakan spesies yang umum ditemukan dalam lingkungan berair di Jepang.

Namun, Sadogaeru berbeda, hewan ini memiliki ukuran tubuh lebih kecil dan memiliki pola yang khas di punggungnya serta perutnya yang kuning. Peneliti mengatakan, spesies katak ini kemungkinan berevolusi dalam spesies unik setelah Pulau Sado terpisah dari Honshu antara 200.000 hingga 800.000 tahun lalu.

Peneliti menjelaskan bahwa katak merupakan mangsa dari Crested Ibis, yakni spesies burung yang terancam punah, yang pernah hidup di Pulau Sado. "Untuk Crested Ibis dan Sadogaeru, ini penting untuk mengelola dan melindungi lahan persawahan. Lahan persawahan ini merupakan habitat katak," tutur Kunio Sekiya, peneliti dari Niigata University.




 
Support :Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HLOWBOS - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger