Home » , » Inilah Alasan Manusia Menangis Saat Emosi

Inilah Alasan Manusia Menangis Saat Emosi

Ketika merasakan emosi yang sangat kuat, manusia seringkali mengeluarkan air mata. Menangis, tampaknya sudah menjadi hal yang wajar terjadi.

Namun peneliti mengamati fenomena mengapa seseorang menangis ketika merasa emosi. Mereka menemukan bahwa air mata keluar untuk mengkomunikasikan perasaan ketika manusia belum mampu mengeluarkan perasaan mereka lewat kata-kata dan bahasa.

Michael Trimble, ahli saraf, menemukan bahwa air mata memiliki fungsi lain yang berkaitan dengan psikologis, dan tak sekedar fungsi bio-mekanis seperti melembapkan mata. Pada hewan, air mata memiliki fungsi mekanis sama seperti manusia, yaitu melembapkan mata. Namun pada manusia, air mata memiliki fungsi melebihi itu.

Melalui air mata, manusia bisa berbagi emosi. Mereka mengeluarkan perasaan takut, marah, bahagia, dan perasaan lainnya lewat air mata. Namun kebanyakan manusia menangis ketika mereka sedih.

Melalui pengamatan yang dilakukannya ini, Trimble juga menyarankan pada para pria untuk tidak takut menangis. Menurutnya, manusia seharusnya tak takut dengan emosi mereka sendiri, terutama yang berkaitan dengan kasih sayang. Air mata menunjukkan empati dan perasaan. Itu merupakan dasar dari moralitas dan kebudayaan yang hanya dimiliki oleh manusia.





 
Support :Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HLOWBOS - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger