Home » , » Ungkap Fakta Mumi Mesir Kuno Dengan Pemindai Medis

Ungkap Fakta Mumi Mesir Kuno Dengan Pemindai Medis

Manchester, Pasiennya berusia 3.000 tahun dan riwayat kesehatannya secara harfiah masih diselimuti misteri. Inilah mumi Mesir yang menjalani CT scan untuk mengungkap rahasia dari peradabannya.
Seorang pakar, Dr Abeer Helmi mengatakan, teknik sinar-X terbaru dapat dengan jelas memberikan gambar tiga dimensi dari harta karun sejarah di dalam keranda mumi, tanpa risiko merusaknya.

Dr Helmi, dari Universitas Manchester, menguji tujuh mumi dari British Museum. Salah satunya adalah seorang pendeta yang dikuburkan dengan 11 jimat emas, sebagai tanda status sosial yang tinggi. Mumi lainnya adalah seorang gadis 12 tahun, dan sisanya adalah laki-laki dewasa.

Mereka dibawa ke Manchester Royal Infirmary untuk diletakkan di bawah scanner (pemindai) yang biasanya digunakan untuk pasien.

Dan gambar-gambar yang dihasilkan memberikan wawasan yang unik mengenai kesehatan dan perilaku pada sekitar 900 SM, suatu periode ketika orang Mesir sedang menggunakan teknik pengawetan baru.
"Mereka telah memumifikasi tubuh selama ribuan tahun dan menyempurnakan sepanjang waktu," kata Dr Helmi.

Dua dari tujuh yang ditemukan mengidap anemia dan hampir semuanya memiliki masalah gigi bungsu yang serius, ini diperkirakan karena mereka makan roti penuh dengan pasir yang mengikis enamel giginya.




 
Support :Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HLOWBOS - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger