Home » , » 5 Mitologi Terkenal dari Irlandia

5 Mitologi Terkenal dari Irlandia

Mitos adalah kisah suci yang biasanya menjelaskan bagaimana dunia maupun manusia dapat terbentuk seperti sekarang ini. meskipun, dalam pengertian yang sangat luas, istilah tersebut dapat mengacu kepada cerita tradisional. Mitologi lebih terkait erat dengan legenda maupun cerita rakyat. Berikut terdapat 5 mitologi terkenal dari Irlandia. Mari kita simak ulasannya sebagai berikut :

1. Santo Patrick

Santo Patrick (sumber:blogspot.com,uniknya.com)

St Patrick adalah orang yang membawa keberuntungan dan memegang daun “Shamrock” untuk kesejahteraan manusia di seluruh dunia. Pada kenyataannya, St Patrick tidak diangkat menjadi Santo selama berabad-abad setelah kematiannya, dan ia bukan orang Irlandia.

St Patrick dilahirkan di Inggris di sebuah keluarga kaya. Selama masa kecilnya, ia diculik dan dijual sebagai budak di Irlandia. Selama bertahun-tahun dalam perbudakan, ia masuk Kristen, dan setelah dibebaskan, ia menghabiskan sisa hidupnya mengajar di Irlandia tentang agama Kristen, tapi ia segera dilupakan setelah kematiannya.

Legenda juga menyebutkan bahwa Patrick mengajarkan konsep Tritunggal kepada bangsa Isrlandia dengan menunjukkan kepada mereka daun shamrock, sejenis semanggi dengan tiga helai daunnya, dan menggunakannya untuk menunjukkan keyakinan Kristen tentang ‘tiga pribadi dalam satu Allah’ (bertentangan dengan keyakinan Arian yang populer pada masa Patrick).

2. The Children of Lir

The Children of Lir (sumber:blogspot.com,uniknya.com)

Kisah anak-anak Lir berasal dari mitologi Irlandia. Lir adalah penguasa laut yang memiliki seorang istri dan 4 anak. Ketika istri Lir meninggal, ia menikah dengan adik istrinya yang bernama Aoife. Aoife cemburu dengan anak-anak Lir dan ingin menyingkirkan mereka.

Suatu hari, Aoife membawa anak-anak Lir ke suatu danau. Saat mereka berenang, dia mengucapkan mantra pada anak-anak Lir dan mengubah anak-anak Lir menjadi angsa. Anak-anak itu akan tetap menjadi angsa sampai mereka mendengar suara dari lonceng gereja. Angsa terus berenang dari danau dan sungai-sungai selama bertahun-tahun mencari suara bel gereja itu, sampai St Patrick datang ke Irlandia dan anak-anak bisa bebas dari kutukan setelah 900 tahun kemudian.

3.Pooka

Pooka (sumber:blogspot.com,uniknya.com)

Pooka adalah jenis dari peri bungkuk yang bisa membuat kekacauan di dunia. Pooka muncul di malam hari di pedesaan dan daerah pesisir Irlandia. Pada saat hari baik, Pooka akan menyebabkan kerusakan pada lahan pertanian, menghancurkan pagar, dan mengganggu hewan. Pada hari yang buruk, Pooka akan berdiri di luar rumah dan memanggil orang-orang yang berada di dalam rumah dengan menyebutkan nama mereka. Jika ada orang yang terpancing keluar rumah,maka Pooka akan menculik mereka. Pooka juga suka mengacaukan kapal laut dengan menariknya menjauhi Irlandia, karen hal itu, pooka merupakan sesuatu yang disalahkan untuk banyaknya bangkai kapal yang rusak di sepanjang pantai.

4. Banshee

Banshee (sumber:blogspot.com,uniknya.com)

Banshee adalah wanita yang membawa maut sebagai pertanda untuk seseorang. Kadang-kadang Anda melihat Banshee sebagai seorang wanita tua berpakaian compang-camping, kadang-kadang Anda melihatnya sebagai seorang gadis muda dan cantik dan juga ada yang melihatnya sebagai seorang wanita yang sedang mencuci pakaian dengan noda darah.

Setiap kali dia terlihat, dia menangis dengan nada mengerikan, dan menurut legenda, tangisannya ini akan membawa kematian kepada anggota keluarga yang mendengarnya. Raja James I dari Skotlandia berpikir dia didekati oleh seorang Banshee. Tak lama setelah itu ia meninggal di Earl, Atholl.

5.Changelings

Changelings (sumber:blogspot.com)

Menurut legenda, peri perempuan sering melahirkan anak-anak yang cacat. Karena suara peri lebih disukai oleh bayi, maka mereka pergi ke dunia dan menukarnya dengan bayi manusia yang sehat dan meninggalkan Changeling. Saat Changeling tampak seperti bayi manusia, ia tidak mempunyai karakteristik emosional yang sama. Changeling itu merasa senang ketika musibah dan kesedihan terjadi di rumah itu.

Legenda Changeling telah berlangsung selama berabad-abad. William Shakespeare berbicara tentang Changeling dalam perannya, “A Midsummer’s Night Dream.” “Three hundred years later, Scarlett O’Hara believed Rhett Butler’s illegitimate child was a changeling in Gone with the Wind”.

[Sumber]



 
Support :Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HLOWBOS - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger