Home » » Masjid Agung Umayyah di Tanah Tak Berpenghuni Tertua Dunia

Masjid Agung Umayyah di Tanah Tak Berpenghuni Tertua Dunia

Masjid Agung Umayyah, Damaskus (Foto: sacredsites)

MASJID Agung Umayyah, yang berlokasi di kota lama Damaskus, Suriah, adalah salah satu masjid terbesar dan tertua di dunia. Masjid ini dianggap sebagai tempat suci keempat dalam Islam.

Setelah penaklukan Arab atas Damaskus pada 634, sebuah masjid dibangun di tempat yang sebelumnya merupakan basilika Kristen. Masjid itu dinamakan Masjid Agung Umayyah.

Sementara jauh sebelumnya, tepatnya Zaman Perunggu dan Zaman Besi, lokasi Masjid Agung Umayyah merupakan kuil Hadad era Aramaean. Kehadiran Aramaean terbukti dengan ditemukannya basal ortostat berbentuk sphinx yang digali di sudut timur laut masjid.

Masjid ini memiliki makam peninggalan suci yang hingga kini diyakini masih berisi kepala Nabi Yahya. Juga, terdapat berbagai penanda lokasi penting lainnya, seperti tempat menyimpan kepala Husain bin Ali (cucu Nabi Muhammad SAW) oleh Yazid bin Muawiyah.

Kota Damaskus, tempat masjid ini didirikan, merupakan kota tak berpenghuni tertua di dunia. Lahan tempat masjid berdiri telah disucikan selama 3.000 tahun.

Masjid ini masih menjadi salah satu bangunan paling impresif di dunia Islam, dengan halaman yang sangat luas dan ruang ibadah yang besar. Beberapa dari mozaik abad ke-8 masih dipertahankan di masjid ini.




 
Support :Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HLOWBOS - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger